Jumat, 09 Januari 2015

WISATA LUMAJANG : PUNCAK B-29, PUNCAK B-30, RANU KLAKAH, RANU PAKIS, RANU BEDALI, PENDAKIAN GUNUNG LEMONGAN, GUNUNG PUJI

Lumajang terkenal dengan sebutannya sebagai kota pisang dan juga gunung Semerunya. memerlukan waktu tempuh sekitar 3 jam dari Surabaya. Tak sempurna rasanya jika berkunjung ke kabupaten Lumajang tanpa menikmati terlebih dahulu keindahan alam dan keberanekaragaman wahana wisatanya. Tergantung pada minat dan selera sahabat wisatawan, bagi sahabat wisatawan yang berminat untuk menikmati keindahan alam berupa wahana air, kabupaten Lumajang memiliki beberapa telaga yang sering disebut dengan “ranu”, diantaranya Ranu Pakis, Ranu Klakah, Ranu Bedali, Ranu Pane dan Ranu Kumbolo. Bagi sahabat wisatawan yang menginginkan tempat wisata ber-genre penjelajahan ataupun petualangan, maka Gunung Semeru (Maha Meru), Puncak B-29, Puncak Pundak Lembu, Gunung Puji dan Gunung Lemongan akan sangat menarik untuk dijelajahi.
Tempat-tempat wisata tersebut akan penulis bagi menjadi beberapa paket wisata.
  1. Paket wisata Gunung Lemongan terdiri dari Ranu Pakis, Ranu Klakah, Ranu Bedali, Gunung Puji, dan Gunung Lemongan.
  2. Paket wisata Puncak B-29 yang terdiri dari perkebunan bawang, Perkebunan Arjosari, Puncak B-29 dan puncak Pundak Lembu.
  3. Paket wisata Gunung Semeru yang terdiri dari Ranu Pane, Ranu Kumbolo, dan puncak Gunung Semeru
Pada postingan kali ini penulis hanya akan memberikan keterangan mengenai paket wisata yang sudah pernah penulis kunjungi, yaitu paket wisata Gunung Lemongan dan puncak B-29.
  1. Paket Wisata Gunung Lemongan
Sahabat Wisatawan yang datang dari arah pasar klakah silahkan mampir ke Ranu Pakis, Ranu Klakah, dan Ranu Bedali karena lokasinya sangat berdekatan.
Ranu Pakis
Terletak 1km atau sekitar 10 menit dari pasar Klakah. Obyek wisata ini mempunyai ketinggian 600 Meter dari permukaan laut (MDPL), luas danau 50 Ha dan kedalaman 26 m. latar belakang ranu ini adalah Gunung Lemongan yang nampak dekat dan berdiri gagah. kondisi alam yang masih perawan merupakan daya tarik bagi para pecinta lingkungan dan juga bagi para sahabat wisatawan yang membutuhkan udara segar.



Foto bersama dengan pendaki G. Lemongan


Saat senja di pos Watu Gede G. Lemongan



Ranu Klakah

Terletak di Desa Tegal randu Kecamatan Klakah dengan jarak sekitar 20 Km dari kota Lumajang.
Luas ranu klakah ini 22 hektar berada pada ketinggian 900 MDPL, dan kedalaman 28 m yang masih dilatar belakangi gunung Lemongan dengan ketinggian sekitar 1.676 MDPL, serta didukung oleh udara yang sejuk dan segar. Akan ditemukan penjual nangka yang merupakan khas Klakah di pinggir-pinggir jalan, hal ini semakin memicu semangat petualangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ads Inside Post